Rabu, 11 Mei 2011

RANCANG BANGUN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI TERINTEGRASI INTEGRATED INFORMATION SYSTEM) E-GOVERNMENT BERBASIS OPEN SOURCE

Gonang May Perdananugraha
Unit Pelaksana Teknis – Balai Informasi Teknologi LIPI
Jl. Sangkuriang, Komplek LIPI Gd. 40, Bandung 40135
Telp. (022) 2502832, 2504265 Fax. (022) 2504755

ABSTRAK

Sistem informasi terintegrasi e-government (http://www.bit.lipi.go.id) yang dirancang bangun dengan menggunakan Joomla 1.5 bertujuan untuk mengangkat potensi informasi yang dimiliki oleh Unit Pelaksana Teknis – Balai Informasi Teknologi LIPI, agar dapat diketahui dan dimanfaatkan oleh publik. Sistem ini juga sebagai wadah/media bagi sivitas UPT-BIT dalam berkomunikasi dan bertukar informasi melalui internet. Potensi informasi yang dituangkan dan diintegrasikan kedalam sistem diantaranya adalah potensi informasi multimedia, potensi informasi perpustakaan, serta potensi informasi pemasyarakatan dan kerjasama. Fitur-fitur Joomla yang digunakan dalam membangun sistem diantaranya adalah JoomlaComment!, Media Player, Agora Forum, DOCman, WbGallery, EventList, AllVideos Reloaded, dll.

Kata kuncisistem informasi terintegrasi, e-government, open source, joomla, internet

ABSTRACT

Integrated information system of e-government (http://www.bit.lipi.go.id) which designed and built using Joomla 1.5 aims to raise the potential of information possessed by the Technical Implementation Unit - Technology Information Division of LIPI, to be known and exploited by the public. This system also as a forum / medium for UPT-BIT civitas in communicating and exchanging information through the internet. Potential information which poured and integrated into such systems are the potential information of multimedia, the potential information for library, and the potential information for dissemination and collaboration. Joomla features that used in building such systems are JoomlaComment!, Media Player, Agora Forum, DOCman, WbGallery, EventList, AllVideos Reloaded, etc.

Keywords: integrated information system, e-government, open source, joomla, internet

PENDAHULUAN

Sistem informasi dalam istilah information and communication technology (ICT) adalah sistem yang mengelola potensi-potensi informasi atau data pada suatu organisasi yang berpeluang untuk menjadi informasi yang bermanfaat bagi internal dan eksternal organisasi[1]. Sistem informasi terintegrasi adalah sistem yang mengkolaborasikan dan mengintegrasikan potensi-potensi informasi atau data ke dalam suatu wadah berbasis desktop application atau web [2], dimana fungsinya adalah untuk memudahkan baik itu pengguna internal maupun eksternal organisasi dalam mengelola, menggali, dan menemukan informasi.
E-government adalah sebuah aplikasi elektronik baik itu menggunakan media internet atau perangkat digital lainnya, yang digunakan oleh institusi pemerintah dalam menyampaikan informasi atau pelayanan publik lainnya. [3] Pada era serba teknologi informasi dan komunikasi (information and communication technology) ini, begitu banyak institusi pemerintah yang gencar mempromosikan dan memperkenalkan informasi atau layanan yang dimilikinya melalui media internet/website. Mulai dari informasi dan layanan yang disediakan oleh pemerintah daerah hingga pusat, sampai pada informasi mengenai pariwisata, peluang investasi bisnis, hingga keluhan masyarakat. [4]
            Aplikasi-aplikasi e-government tersebut telah banyak yang dirancang bangun dengan menggunakan aplikasi open source. Open source merupakan perangkat lunak (software) yang dirancang agar pengguna (user) dapat mengakses secara bebas dan gratis kode/bahasa program pembentuk software tersebut, dan pengguna berhak mengembangkan serta mendistribusikan software tersebut kembali dibawah lisensi open source[5] Sejalan dengan program pemerintah yang gencar menggalakkan pemakaian dan pengembangan perangkat lunak berbasis open source. Maka sangatlah tepat apabila aplikasi e-goverment yang dikembangkan berbasis open source, karena harus dimulai dari institusi pemerintah itu sendiri.
Sistem Informasi terintegrasi e-government berbasis web yang beralamat di http://www.bit.lipi.go.id adalah suatu sistem informasi terintegrasi yang bertujuan untuk menggali potensi informasi yang dimiliki oleh satuan kerja Unit Pelaksana Teknis – Balai Informasi Teknologi (UPT-BIT) LIPI agar menjadi informasi yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Sistem informasi yang dikembangkan dengan open source ini juga digunakan oleh sivitas UPT-BIT sebagai sarana berkomunikasi antar sivitas. Potensi informasi yang dimiliki BIT yang dapat diangkat menjadi informasi strategis diantaranya adalah:

  • Potensi informasi multimedia yang berupa media kemasan audio visual yang berisi dokumentasi video kegiatan/penelitian LIPI yang tersebar pada beberapa program yakni IPTEKDA, Kompetitif, RISTEK, PUSLIT/UPT, dan Komoditi Unggulan Daerah. Selain itu BIT juga memiliki dokumentasi multimedia yang lain yakni CD (compact disc) Interaktif, yaitu kemasan informasi dalam format CD pembelajaran mengenai segala jenis informasi yang dapat bermanfaat bagi masyarakat. Seperti tata cara pengolahan makanan, berikut variasinya, manfaatnya bagi kesehatan, dan informasi terkait lainnya.
  • Potensi informasi perpustakaan yang berupa koleksi dalam bentuk fisik dan juga dijital berupa artikel, buku, majalah, jurnal, kliping, dan sebagainya.
  • Potensi informasi pemasyarakatan dan kerjasama BIT berupa LIPI Outlet mengenai produk-produk hasil penelitian dan pengembangan LIPI yang memiliki prospek untuk dikomersialisasikan. Dan informasi lainnya seperti seminar, pelatihan, workshop, dan lain-lain.
Potensi informasi di atas yang dikembangkan menjadi sistem informasi terintegrasi berbasis website. Melalui satu wadah/media berupa web masyarakat luas dapat memanfaatkan dan menggunakan potensi informasi di atas. Melalui sistem informasi teknologi terintegrasi ini pula Pemerintah khususnya LIPI dapat berperan aktif dalam mensosialisasikan hasil-hasil penelitian.

METODOLOGI


Metodologi yang digunakan dalam merancang bangun sistem informasi terintegrasi dilakukan dalam beberapa tahap, yakni:
1.     Melakukan penelusuran terhadap potensi informasi yang akan dikelola dan dimanfaatkan pada sistem.
2.     Menganalisa dan mengeksplorasi terhadap teknologi open source yang akan digunakan dalam membangun sistem informasi. Dalam membangun sistem terdapat beberapa pilihan teknologi open source yang telah terbukti dan teruji kehandalannya dalam membangun situs-situs besar dan komprehensif. Diantara yang menjadi pilihan adalah Drupal, Joomla, dan Plone. Drupal (http://www.drupal.org) [6] merupakan paket software open source dalam bentuk CMS (content management system) yang dibangun dengan bahasa pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor) [6], sama halnya dengan Joomla (http://www.joomla.org) [7] yang juga dalam bentuk CMS dan dibangun dengan bahasa pemrograman PHP [7], sedangkan Plone (http://www.plone.org) [8] merupakan CMS yang dibangun dengan bahasa pemrograman Phyton [8]. Setelah melalui serangkaian analisa dan pengetesan terhadap software open source yang akan digunakan dalam membangun sistem informasi terintegrasi, dipilih Joomla sebagai back-end teknologi yang membangun sistem tersebut. Alasan dipilihnya Joomla adalah karena kemudahan dalam melakukan rancang bangun situs, disertai dengan fasilitas/fitur yang lengkap untuk membangun website yang komprehensif.
 3.     Rancang bangun sistem informasi terintegrasi. Rancang bangun dilakukan dengan menginstalasi paket Joomla dan web server. Kemudian menginstalasi fitur-fitur tambahan yang disediakan Joomla yang disesuaikan dengan kebutuhan potensi informasi yang akan dimasukkan dalam sistem. Selanjutnya adalah mengkustomisasi fitur-fitur tersebut agar sistem informasi yang akan diterapkan sesuai dengan yang diharapkan.
 4.     Tahap akhir dan final release sistem ke dalam jaringan internet. Setelah melakukan rancang bangun sistem, tahap selanjutnya adalah menguji coba dan mengevaluasi sistem. Pada tahap ini dilakukan perbaikan-perbaikan hingga sistem tersebut mencapai kestabilan yang diharapkan, dan siap untuk diimplementasikan pada jaringan internet.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Sistem informasi terintegrasi e-government (http://www.bit.lipi.go.id) yang dirancang bangun dengan menggunakan Joomla 1.5 memiliki framework disain sebagai berikut:

Gambar 1. Framework disain sistem informasi terintegrasi

Potensi informasi yang diantaranya berupa multimedia, perpustakaan, pemasyarakatan dan kerjasama yang dituangkan ke dalam sistem informasi terintegrasi, membutuhkan fitur-fitur pelengkap yang disediakan oleh Joomla (yang dikenal dengan istilah Joomla Extensions) dengan cuma-cuma / gratis. Fitur-fitur Joomla yang digunakan pada aplikasi e-government ini adalah:

1.     AllVideos Reloaded (http://extensions.joomla.org/extensions/multimedia/video-players-&-gallery/3955/details).

Fitur/ekstensi ini digunakan untuk menampilkan potensi informasi berupa multimedia dalam format video (audio visual). Potensi informasi yang ditayangkan adalah penelitian/kegiatan yag dilakukan LIPI pada beberapa program (IPTEKDA, Kompetitif, RISTEK, PUSLIT/UPT, dan Komoditi Unggulan Daerah).

2.     Media Player (http://extensions.joomla.org/extensions/multimedia/multimedia-display/4596/details).

Sama halnya dengan AllVideos Reloaded, fitur ini digunakan untuk menayangkan potensi informasi multimedia yang berbentuk video (audio visual). Fitur ini diperlukan untuk menampilkan/menayangkan banyak video dalam satu fitur, yang sangat baik untuk tampilan muka dari sistem berbasis web.

3.     Agora Forum (http://extensions.joomla.org/extensions/-communication/forum/1891/details).

Fitur/ekstensi ini digunakan untuk menciptakan sebuah forum yang dapat digunakan oleh sivitas UPT-BIT dalam menuangkan aspirasi, ide, serta sebagai sarana komunikasi yang efektif.

4.     DOCman (http://extensions.joomla.org/extensions/directory-&-documentation/downloads/82/details).

Fitur ini digunakan untuk memasukkan potensi informasi multimedia berupa CD interaktif, selain itu fitur ini dapat pula digunakan sebagai fasilitas men-download data dijital lainnya bagi para pengunjung situs.

5.     WbGallery (http://extensions.joomla.org/extensions/photos-&-images/photo-gallery/5579/details).
Fitur ini digunakan untuk menampilkan koleksi/kumpulan gambar atau foto yang dimiliki oleh UPT-BIT. Koleksi gambar/foto tersebut merupakan dokumentasi dari kegiatan yang dilakukan BIT, maupun gambar yang digunakan untuk pembuatan paket multimedia.
6.     EventList (http://extensions.joomla.org/extensions/calendars-&-events/events/99/details).
Fitur ini digunakan sebagai update berita terbaru dari agenda/event/kegiatan yang akan dan sedang berjalan di UPT-BIT. Hal ini bertujuan untuk menginformasikan kepada pengguna mengenai agenda tersebut.
 7.     JoomlaComment! (http://extensions.joomla.org/extensions/contacts-&-feedback/articles-comments/4389/details).
Fitur ini digunakan sebagai sarana komunikasi antara pengguna dengan BIT, dimana pengguna dapat memberikan tanggapan terhadap pelayanan yang disediakan melalui e-government.
 8.     Fitur-fitur lainnya yang disediakan oleh Joomla 1.5. Seperti fitur kontak, statistik, jumlah pengunjung, dan lain sebagainya.

Fitur/ekstensi AllVideos Reloaded yang digunakan pada sistem informasi e-government tampak seperti pada gambar berikut:
Gambar 2. Tampilan fitur/ekstensi AllVideos Reloaded pada sistem terintegrasi e-government
Seperti yang telah disebutkan penggunaan fitur ini bertujuan untuk menampilkan/menayangkan potensi informasi dalam bentuk multimedia (audio-visual/video). Penggunaan fitur ini dirancang melalui back-end administrator Joomla, dimana terdapat 4 item yang berfungsi untuk mengelola tampilan video yakni: Manage PlayersManage RippersManage Tags/Presets, dan Manage Playlists. Item penting yang digunakan pada komponen ini adalah Manage Playlists. Pada item ini upload video yang berbentuk file XML dapat dilakukan. File XML yang merujuk pada video tertentu dapat digunakan dalam sebuah artikel untuk memasukkan content multimedia berupa video tersebut. Cara menggunakan file XML untuk merujuk video pada sebuah artikel adalah dengan menggunakan plugin AllVideo, seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Gambar 3. Perancangan pada plugin AllVideo Reloaded

Pengaturan pada item tersebut dilakukan melalui dua komponen yakni Remote Media dan juga Local MediaRemote Media digunakan untuk memasukkan video yang berasal dari situs lain, sedangkan Local Media digunakan untuk memasukan video yang berasal dari local file. Perancangan fitur ini pada e- government menggunakan Local Media untuk meng-upload video.  Perancangan pada Local Media memiliki beberapa fitur yang dapat di-set, diantara fitur-fitur tersebut adalah:

1.      Media. Item ini digunakan untuk merujuk file XML yang telah dibuat pada Manage Playlist, untuk memutar video yang telah dirujuk pada file tersebut.
2.      Media type. Item ini digunakan untuk menentukan jenis media yang akan memutar video tersebut. Pada e-government, media yang digunakan adalah Local Playlist karena video yang akan ditayangkan berasal dari file lokal. 
3.      Width dan Height. Item ini digunakan untuk menentukan lebar dan tinggi dari aplikasi video streaming pada tampilan e-government.

Fitur/ekstensi Media Player yang digunakan pada sistem informasi terintegrasi memiliki tampilan sebagai berikut:
Gambar 4. Tampilan fitur/ekstensi Media Player pada sistem terintegrasi e-government (lingkaran merah)

Perancangan Media Player dilakukan melalui back-end Joomla Administration. Fitur ini memiliki beberapa item yang dapat dirancang diantaranya adalah: 

1.     Media Player. Item ini digunakan untuk memilih menayangkan sebuah video atau banyak video yang akan ditampilkan pada situs. Pada e-government, item ini di-set untuk menayangkan banyak video berupa playlist.

2.     File. Item ini digunakan untuk merujuk file dari video yang akan ditayangkan, baik itu untuk satu video maupun banyak video (playlist). Untuk menayangkan banyak video melalui aplikasi ini harus merujuk pada file berbentuk XML (Extensible Markup Language). File XML yang digunakan pada aplikasi e-government memiliki sintaks sebagai berikut:

 
 3.     Width. Item ini digunakan untuk mengatur lebar dari aplikasi yang akan ditampilkan pada situs. Besaran nilai yang di-set pada fitur ini dalam satuan pixel.
4.     Height. Item ini digunakan untuk mengatur ketinggian dari aplikasi yang akan ditampilkan pada situs. Besaran nilai yang di-set pada fitur ini dalam satuan pixel.

5.     Preview Image. Item ini digunakan untuk merujuk file gambar yang digunakan sebagai thumbnail pada video yang ditayangkan.


Fitur selanjutnya yang digunakan pada sistem informasi terintegrasi e-government adalah Agora Forum. Untuk dapat menggunakan fitur ini sivitas BIT diharuskan log-in terlebih dahulu melalui Akses Masuk pada sistem, seperti yang ditunjukkan pada Gambar 4 (lingkaran biru). Akses Masuk yang dibutuhkan oleh sivitas BIT adalah berupa username dan password yang telah diberikan kepada setiap sivitas sebelumnya. Setelah log-in sivitas akan disuguhi oleh Forum Internal UPT-BIT, seperti tampak pada gambar berikut:

Gambar 5. Tampilan fitur/ekstensi Agora Forum pada sistem terintegrasi e-government
Sivitas dapat menggunakan setiap forum yang terdapat di Forum Internal UPT-BIT, fitur ini dapat pula digunakan sebagai sarana komunikasi personal dan pertukaran data dijital antar sivitas. Contoh dari posting yang dilakukan oleh sivitas pada forum ini, tampak seperti pada gambar berikut:

Gambar 6. Posting yang dilakukan oleh sivitas pada Forum Internal UPT-BIT

Berbeda dengan fitur-fitur lainnya yang digunakan oleh sistem, fitur Agora Forum ini perancangan dan administrasinya dilakukan melalui front-end tanpa harus masuk melalui Joomla Administrator terlebih dahulu. Fitur ini memiliki beberapa item yang dapat dirancang untuk mendapatkan forum yang baik dan efektif, item-item tersebut diantaranya adalah:
1.     Global Settings. Item ini digunakan untuk mengatur fitur Agora secara keseluruhan seperti upload manager, penggunaan captcha pada pesan yang di posting, penggunaan polling, dan lain sebagainya.

2.     Forum Settings. Item ini digunakan untuk mengatur forum, seperti pembuatan forum baru, pengkategorian forum, melakukan filter terhadap pesan yang di-posting, hingga pada permissions / hak akses yang diberikan kepada sivitas dalam mem-posting pesan di forum.

3.     User Settings. Item ini digunakan dalam melakukan pengaturan user yang tergabung dalam forum (sivitas), hal-hal yang dapat dirancang/diatur pada item ini diantaranya adalah membuat grup user, memblokir user, melakukan pencarian terhadap user, dan lain sebagainya.      
Fitur DOCman digunakan pada sistem informasi e-government bertujuan agar pengguna/pengunjung situs dapat men-download potensi informasi berupa CD interaktif dan berkas/data dijital lainnya. Tampilan fitur ini pada e-government tampak seperti pada gambar berikut:
Gambar 7. Tampilan fitur/ekstensi DOCman pada sistem terintegrasi e-government

Perancangan fitur ini dilakukan melalui Joomla Administration, seperti tampak pada gambar di bawah ini:
Gambar 8. Perancangan pada fitur DOCman
Fitur ini memiliki beberapa item penting yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan. Item-item tersebut adalah:
1.      Files. Item ini digunakan untuk mengatur files (berkas dijital) yang akan tersedia pada e-government untuk dapat di-download/dimanfaatkan pengguna. Berbagai macam tipe berkas dijital dapat di-upload pada item ini diantaranya pdf, txt, exe, doc, xls, dan lain sebagainya yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan. Metoda peng-upload-an file juga dapat dilakukan melalui komputer lokal, atau melalui server ke server.

2.      Documents. Item ini digunakan untuk memberi nama file / berkas dijital yang akan di-download dan memasukan file tersebut pada kategori tertentu yang telah didefinisikan.

3.      Categories. Item ini digunakan untuk mengkategorikan berkas-berkas dijital tersebut kedalam tema tertentu. Hal ini dilakukan agar mempermudah pengguna dalam menentukan berkas dijital yang akan di-download pada kategori tertentu.

4.      Configurations. Item ini digunakan untuk melakukan pengaturan dan pen-setting-an seluruh proses yang terjadi pada fitur ini. Hal-hal yang dapat dilakukan disini adalah men-set hak akses terhadap pengguna, berkas dijital yang dapat di-downloaddirectory untuk menyimpan file, pengaturan upload dokumen, dan lain sebagainya.


Potensi informasi berupa gambar/foto yang diintegrasikan ke dalam sistem informasi menggunakan fitur WbGallery untuk dapat diakses oleh publik. Alasan pemilihan fitur Joomla ini dari sekian banyak fitur yang disediakan Joomla untuk menampilkan gambar adalah dari segi perancangannya yang mudah dan aplikasinya tidak memberatkan sistem. Tampilan fitur WbGallery pada sistem informasi terintegrasi, seperti ditunjukkan pada gambar berikut:

Gambar 9. Tampilan fitur/ekstensi WbGallery pada sistem terintegrasi e-government
Gambar/foto dikategorikan kedalam tema tertentu yang bertujuan agar dapat memudahkan pengunjung situs dalam melihat foto berdasarkan tema tertentu. Perancangan dan pengaturan fitur ini dilakukan melalui back-end Joomla Administrator, terdapat beberapa item yang menjadi kunci dalam merancang fitur ini diantaranya adalah:

1.      Manage Image. Item ini digunakan untuk melakukan pengaturan terhadap gambar yang telah di-upload ke dalam sistem. Perancangan yang bisa dilakukan diantaranya adalah meng-edit gambar dari segi ukuran dan memberikan berbagai macam keterangan terhadap gambar tersebut, memindahkan gambar pada kategori yang lain, dan menghapus/meng-unpublish gambar.

2.      Menage Categories. Item ini digunakan untuk membuat/menghapus kategori tertentu yang digunakan untuk mengkategorikan gambar.

3.      Upload Images. Item ini digunakan untuk meng-upload/memasukkan gambar baik secara individual maupun serentak (batch), serta memberi berbagai macam keterangan yang menyertai gambar tersebut.

4.      Setup. Item ini digunakan untuk mengatur ukuran tampilan gambar pada situs, serta manajemen memori atau alokasi penggunaan memori server dalam memproses gambar.


Fitur EventList pada sistem informasi terintegrasi berfungsi untuk memberitahukan kepada pengunjung situs agenda/kegiatan yang akan berlangsung atau sedang berlangsung terkait dengan UPT-BIT khusunya dan LIPI pada umumnya. Perancangan fitur ini dilakukan melalui Joomla Administrator. Terdapat beberapa item penting dalam merancang fitur EventList, item-item tersebut diantaranya adalah: 
1.    Events. Item ini digunakan untuk memasukkan informasi mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan untuk dipublikasikan. Hal-hal yang terkait dalam mengagendakan suatu event adalah judul dan keterangan event tersebut, tempat, tanggal dan waktu berlangsungnya, profil gambar, serta registrasi peserta.

2.   Venues. Item ini digunakan untuk menentukan tempat/lokasi dari event yang diselenggarakan. Informasi mengenai tempat yang dapat dimasukkan diantaranya adalah jalan, kode pos, kota, propinsi, negara, website, dan link peta, serta gambar dan keterangan tambahan mengenai tempat itu sendiri.

3.   Categories. Item ini digunakan untuk menentukan kategori dari dari event seperti halnya kategori yang digunakan pada fitur-fitur Joomla yang lain. Hal ini dimasudkan agar manajemen event lebih mudah dilakukan, dan memudahkan user dalam melihat event pada kategori. Manajemen yang dapat dilakukan pada item ini adalah mengatur hak akses dari event yang dipublikasi, dan menentukan grup user yang dapat mengakses event.

4.   Archieve. Item ini digunakan untuk memasukkan event-event yang telah lalu kedalam sebuah dokumentasi/arsip. Hal ini berguna sebagai dokumentasi kegiatan, agar informasi event yang telah diselenggarakan tidak dihapus begitu saja.

5.   Groups. Item ini digunakan untuk membuat grup yang memiliki hak akses terhadap event atau agenda tertentu dalam sistem.

6.    Settings. Item ini digunakan untuk melakukan berbagai perancangan dan pengaturan fitur EventList yang diantaranya adalah tampilan dari event yang di-publishuser control, detail dari event, dan lain sebagainya.

 Berikut adalah tampilan fitur EventList pada sistem informasi terintegrasi:


Gambar 10. Tampilan fitur/ekstensi EventList pada sistem terintegrasi e-government

Apabila user/pengunjung meng-click salah satu event, maka user akan diarahkan pada detail dari event yang di-click. Seperti tampak pada gambar berikut:

Gambar 11. Detail dari suatu event pada fitur EventList
Fitur JoomlaComment! pada sistem informasi terintegrasi dimaksudkan agar pengunjung situs dapat berinteraksi dan memberikan masukan kepada UPT-BIT. Tampilan fitur ini di dalam sistem tampak seperti gambar berikut:

Gambar 12. Tampilan fitur/ekstensi JoomlaComment! pada sistem terintegrasi e-government
 Fitur ini merupakan fitur yang sangat tepat guna diterapkan kedalam sistem, dimana fitur ini juga mampu difungsikan sebagai pelengkap dalam sebuah artikel untuk menjaring tanggapan/pesan dari pengunjung situs seperti layaknya sebuah blog[9] Fitur ini memiliki item penting yang dapat dirancang sesuai dengan kebutuhan, perancangan item-item tersebut dilakukan melalui Joomla Administrator yang diantaranya adalah:

1.      General. Pada item ini perancangan yang dapat dilakukan adalah menyertakan atau tidak menyertakan artikel-artikel yang tergabung dalam category dan section untuk dapat dikomentari atau tidak.

2.      Security. Item ini digunakan untuk merancang otorisasi atau hak pengguna dalam mem-posting pesan, menayangkan secara langsung (autopublish) pesan yang dikirim, sistem notifikasi kepada admin dan user dari pesan baru yang dikirimkan, penggunaan captcha (anti-spam), dan sensor terhadap kata-kata yang di-posting.

3.      Posting. Item ini digunakan untuk melakukan pengaturan terhadap pesan yang di-posting, apakah dapat menggunakan komentar yang bertumpuk (nested), profil dari pengirim pesan, penggunaan avatar, penggunaan voting pesan, dan lain sebagainya.

4.      Layout. Item ini dimaksudkan untuk merancang format tampilan dari fitur JoomlaComment!template yang digunakan, penggunaan emoticon (seperti yang digunakan pada instant messaging: Yahoo Messanger, MSN Messanger, dll).


Masih ada beberapa fitur/ekstensi Joomla lain yang digunakan untuk membangun sistem informasi terintegrasi. Diantaranya adalah fitur Contacts yang digunakan untuk menginformasikan kepada pengunjung/pengguna sistem mengenai kontak/profil dari sivitas BIT, dimana terdapat informasi mengenai alamat, e-mail, telp. fixed dan mobile, situs/website, serta sebuah form untuk mengirim pesan kepada sivitas yang bersangkutan. Tampilan fitur Contacts pada sistem sebagai berikut:
Gambar 13. Tampilan fitur/ekstensi Contacts pada sistem terintegrasi e-government
Fitur penunjang lain yang terdapat dalam sistem yang berfungsi sebagai statistik untuk mengetahui traffic rank dan jumlah pengunjung dari sistem. Terdapat dua fitur yang digunakan sebagai statistik yakni My Alexa Data dan Vinaora Visitors CounterMy Alexa Data digunakan untuk mengetahui traffic rank dari sistem e-government (http://www.bit.lipi.go.id), dimana fitur ini memanfaatkan situs pemantau traffic internet yakni http://www.alexa.com [10] untuk mengetahui peringkat situs http://www.bit.lipi.go.id di Indonesia dan dunia. Pada fitur ini pula dapat diketahui berasal dari negara mana saja user yang mengunjungi sistem, persentasi kunjungan, sub-domain yang dikunjungi, jumlah link yang mengacu pada sistem, dan rata-rata kunjungan per-harinya, per-minggu, per-bulan, dan per-3 bulan, serta persentasi kenaikan/penurunan kunjungan ke sistem per-3 bulan. Fitur ini akan me-link ke http://www.alexa.com seperti yang ditunjukan pada gambar berikut: 
Gambar 14. Tampilan fitur/ekstensi My Alexa Data pada sistem terintegrasi e-government

Sama halnya dengan fitur My Alexa Data, fitur Vinaora Visitors Counter juga menghitung jumlah kunjungan ke sistem setiap harinya, kemarin, setiap minggu, setiap bulan, dan total keseluruhan kunjungan. Perbedaannya terletak pada fitur ini tidak dilengkapi oleh internet traffic, hanya sebatas pada informasi di atas. Penggunaan fitur ini juga dapat dilihat langsung pada sistem yang terletak di bagian kanan bawah dan menyatu dengan sistem, tidak mengacu ke situs lain seperti My Alexa Data.

Kekuatan (strength) dari sistem informasi terintegrasi yang dibangun terletak pada fitur-fitur / ekstensi-ekstensi paket open source Joomla yang digunakan. Fitur-fitur tersebut dirancang dan dibangun oleh komunitas open source Joomla, yang memang diperuntukkan bagi kalangan perancang dan pengembang web untuk membangun sistem yang handal dan efektif. Sistem informasi terintegrasi e-government (http://www.bit.lipi.go.id) yang dibangun bertujuan untuk menggali dan mengangkat potensi informasi yang dimiliki oleh UPT-BIT, sehingga dapat dimanfaatkan oleh publik dan sivitas UPT-BIT sendiri.


KESIMPULAN


Sistem informasi terintegrasi e-government (http://www.bit.lipi.go.id) yang dirancang bangun menggunakan paket open source berupa CMS (content management systemJoomla versi 1.5, ditujukan untuk membangun sebuah sistem yang mampu menggali dan mengangkat potensi informasi yang dimiliki oleh Unit Pelaksana Teknis – Balai Informasi Teknologi LIPI, agar dapat diketahui oleh masyarakat luas dan dapat dimanfaatkan serta diperoleh nilai dari informasi tersebut. Sistem ini dibangun juga sebagai wadah bagi sivitas UPT-BIT dalam menyampaikan dan menerima informasi, komunikasi antar personal, pertukaran data dijital, dan forum untuk menuangkan ide/aspirasi.


Potensi informasi yang dituangkan kedalam sistem diantaranya adalah:

·         Potensi informasi multimedia berupa media kemasan audio visual dan CD interaktif

·         Potensi informasi perpustakaan

·         Potensi informasi pemasyarakatan dan kerjasama.


Ketiga potensi tersebut yang coba dituangkan kedalam sebuah sistem yang mengintegrasikan antara potensi informasi yang akan disampaikan kepada publik dengan wadah informasi dan komunikasi internal. Dalam membangun sistem informasi terintegrasi berbasiskan paket open source Joomla, menggunakan fitur-fitur / ekstensi-ekstensi pelengkap Joomla yang disesuaikan dengan kebutuhan sistem itu sendiri. Fitur-fitur yang digunakan pada sistem diantaranya adalah:


1.      AllVideos Reloaded. Fitur/ekstensi ini digunakan untuk menampilkan potensi informasi berupa multimedia dalam format video (audio visual).

2.      Media Player. Sama halnya dengan AllVideos Reloaded, fitur ini digunakan untuk menayangkan potensi informasi multimedia yang berbentuk video (audio visual).
3.      Agora Forum. Fitur/ekstensi ini digunakan untuk menciptakan sebuah forum yang dapat digunakan oleh sivitas.
4.      JoomlaComment!. Fitur ini digunakan sebagai sarana komunikasi antara pengguna dengan UPT-BIT.
5.      DOCman. Fitur ini digunakan untuk memasukkan potensi informasi multimedia berupa CD interaktif dan data dijital lainnya.
6.      WbGallery. Fitur ini digunakan untuk menampilkan koleksi/kumpulan gambar atau foto.
7.      EventList. Fitur ini digunakan sebagai update berita terbaru dari agenda/event/kegiatan.
8.      Dan fitur-fitur lainnya seperti ContactsMy Alexa Data, Vinaora Visitors Counter, dll.

Kekuatan sistem terletak pada fitur-fitur pendukung tersebut, yang mampu menciptakan sebuah sistem informasi terintegrasi yang handal, stabil, dan efektif. Dimana, sistem tersebut telah dianalisa, diaplikasikan, dan dievaluasi, hingga sekarang sistem tersebut mampu menjadi tulang punggung bagi UPT-BIT dalam menyediakan layanan informasi kepada publik berbasis web dan sebagai wadah/media dalam berkomunikasi.



REFERENSI


1.   Gazendam, Henk W.M., (2006), Information System Metaphors, Faculty of Public Administration, Twente University, The Netherlands.
2.  Asproth, V., (2007), Integrated Information Systems - A Challenge for Long-Term Digital Preservation, Interdisciplinary Journal of Information, Knowledge, and Management, Volume 2, 2007, Mid Sweden University, Östersund, Swedia.
3.   West, Darrell M., (2004), Global E-Government, Center for Public Policy Brown University, Rhode Island, United States.
4.      The Working Group on E-Government in the Developing World, (2002), Roadmap for E-government in the Developing World, Pacific Council on Internati nal Policy, Los Angeles, CA United States.
5.  Danish Board of Technology, (2002), Open-source software - in e-government, Analysis and recommendations drawn up by a working group under the Danish Board of Technology.
6.  Warnick, Q., (2007), Drupal, TESL-EJ 11.1, Volume 11, Number 1, Diakses: 15 Juli 2008, Alamat: http://www.drupal.org.
7.   Wallace, A., (2007), Joomla! 1.5 Installation Manual, Joomla! User Documentation Team, Version 0.5Diakses: 20 Oktober 2008, Alamat: http://www.joomla.org.
8. The Definitive Guide to Plone, First Edition, (2006), Diakses: 5 Juli 2008, Alamat: http://www.agmweb.ca/plone/book/unsupported.html.
9.     Desire2Learn, Innovative Learning Technology, (2008), Blog Quick Start, Blog v8.3.0, Desire2Learn, Inc. 
10.  Alexa Internet, Inc., (2004), About the Alexa Traffic Rankings, An Amazon.com Company, Diakses: 8 September 2008, Alamat: http://pages.alexa.com/prod_serv/traffic_learn_more.html.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar